Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula pilihan baju yang bisa dibeli. Salah satu trend kekinian yang banyak digemari oleh pemudi-pemudi yaitu gamis batik. Sekarang ini, batik tidak hanya dikenakan untuk menghadiri acara-acara formal saja. Sekarang, batik bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

Jika Anda tertarik untuk membeli batik yang dijual dalam bentuk gamis, ada nih beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan gamis yang sesuai harapan Anda.

Pilih Ukurannya Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika sedang ingin membeli gamis ialah ukurannya. Jangan terlebih dahulu lihat bahan ataupun warnanya. Pilih saja dulu ukuran gamis yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Tak sedikit wanita yang merasa kesal karena gamis yang mereka sukai tidak tersedia dalam ukuran yang dibutuhkan. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu ukuran gamisnya terlebih dahulu sebelum memilih warna dan bahan yang tersedia. Jika ukuran yang dibutuhkan memang tersedia, barulah Anda bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

Kenali Bahan-Bahannya Terlebih Dahulu

Setelah mengetahui ukuran gamisnya ada, baru Anda bisa pertimbangkan bahan gamis seperti apa yang Anda inginkan. Setiap jenis bahan memiliki karakteristik dan perbedaannya tersendiri. Untuk itu, pilihlah bahan gamis yang sesuai dengan apa yang Anda sukai dan butuhkan.

Ada jenis bahan apa saja sih yang bisa dipadupadankan dengan batik? Ini dia jenis bahan-bahan gamis yang sering Anda lihat di pasaran:

Kain Jersey

Sekarang ini, banyak sekali gamis yang menggunakan bahan kain jersey. Kain jersey ini memiliki karakter yang elastis, tebal dan jatuh. Meskipun tebal, jika Anda menggunakan gamis yang menggunakan bahan jersey ini akan terasa dingin, ringan, dan yang paling penting ialah tidak nerawang.

Kain Wolpeach

Jenis bahan lainnya yang bisa Anda temukan dengan mudahnya di pasaran yaitu kain wolpeach. Kain ini biasa disebut sebagai kain arab. Jenis bahan yang satu ini menjadi jenis bahan yang paling favorit untuk dijadikan sebagai gamis syar’I karena karakter kain yang lembut dan nyaman saat digunakan. Jenis bahan ini juga tebal dan tidak menerawang layaknya jersey.

Kain Satin

Ingin mengganti jenis bahan sutera dengan jenis bahan lainnya? Pakai saja kain satin. Kain satin ini memiliki fungsi yang sama seperti kain sutera yaitu memiliki efek yang lembut dan mengkilap. Perbedaannya, kain satin ini terbuat dari sintetis polyester sedangkan kain sutera terbuat dari ulat sutera.

Kelebihan lain jika Anda menggunakan bahan satin ini sebagai gamis ialah memberikan glamour kepada orang yang mengenakannya. Satu hal lagi yang lebih penting, harga bahan satin yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga kain sutera.

Kain Sifon

Jenis bahan lainnya yang biasa digunakan dalam pembuatan gamis batik ialah sifon. Bahan sifon ini memiliki karakter yang sama seperti bahan satin yaitu kehalusan dan kelembutan saat digunakan. Bedanya, bahan sifon ini memiliki karakter yang lebih tipis dan lebih licin dibandingkan kain satin.

Meskipun memiliki karakter yang lebih licin dan tipis, bahan ini juga memiliki banyak yang menarik dan bagus sehingga banyak para desainer yang memanfaatkannya. Selain itu, bahan sifon ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan baju dress dan sejenisnya.

Kain Sutera Cina

Jenis bahan kain sutera Cina in memiliki karakter yang lembut, halus, dan dingin saat digunakan. Kain ini merupakan jenis bahan kain sutera yang ditenun dengan cara yang lebih sederhana.

Jika Anda memilih jenis bahan ini untuk dijadikan sebagai gamis, Anda harus berhati-hati ketika ingin menyetrika bajunya. Kain jenis ini tidak kuat dengan panasnya setrikaan baju. Jadi, pastikan dulu bahwa panas setrikaannya sudah disetel ke level yang paling rendah agar tidak merusak baju.

Kain Katun

Jenis bahan lainnya yang masih sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis ialah jenis bahan katun. Karakteristik dari bahan katun yang tidak cepat kusut, tidak mudah luntur, dapat menyerap keringat, memberikan sensasi dingin, serta harga yang terjangkau inilah yang membuat digemari oleh banyak orang.

Yang perlu Anda pahami ialah gamis yang menggunakan bahan katun ini bukan pilihan yang tepat jika Anda ingin mengharapkan hasil yang glamour.

Kain Santung

Jenis bahan lainnya yang sering digunakan sebagai gamis ialah kain shantung. Kain ini memiliki karakteristik yang lembut, halus, dan dingin saat digunakan. Kain ini juga memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

Pilih Bahan Berkualitas

Setelah mengetahui perbedaan bahan-bahan yang digunakan, Anda harus bisa memilih dan memilah gamis mana yang menggunakan kualitas bahan yang terbaik. Dalam hal ini, Anda bisa bertanya kepada para penjual grade bahan apa yang mereka gunakan untuk produksi gamis yang mereka tawarkan.

Pastikan saja bahwa Anda memilih gamis dengan bahan yang memiliki kualitas terbaik dan terjamin. Oiya, Anda juga harus tahu berapa kisaran harga jika menggunakan bahan tertentu dengan kualitas bahan yang terbaik. Dengan begitu, Anda tidak akan terkecoh dengan penawaran harga yang lebih murah daripada harga umumnya.

Pilih Warna

Setelah selesai memilih bahan yang berkualitas, barulah Anda memilih warna yang diinginkan. Pastinya, di setiap model gamis yang ditawarkan tersedia berbagai macam pilihan warna yang menarik.

Untuk masalah ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda membeli gamis tersebut. Tak hanya disesuaikan dengan kebutuhannya saja, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kesukaan masing-masing.

Itulah tips-tips yang bisa Anda terapkan saat membeli gamis batik yang Anda butuhkan.

Share